Mata Bor Tuner dan penjelasannya untuk kegunaan dan bahan industri

Peranti adalah alat kecil yang digunakan untuk menunjang mesin kerja tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari banyak terdapat jenis peranti yang digunakan untuk berbagai hal. Contoh peranti yang sering digunakan dalam kegiatan perbengkelan adalah peranti yang disebut dengan tuner atau istilah lainnya adalah mata bor tuner. Mata bor tuner adalah jenis mata bor yang banyak digunakan untuk menunjang kegiatan perbengkelan. Yang namanya mata bor tentu saja berfungsi untuk menghasilkan lubang pada bahan kerja. Mata bor tuner memiliki bentuk kepala yang berbeda dari mata bor biasanya, jika kebanyakan mata bor berbentuk lurus dengan bagian hingga sisi dibuat spiral maka mata bor tuner memiliki bentuk kepala yang cukup unik. Bentuk mata bor tuner ada yang berupa payung, bulat, silinder bahkan menyerupai seperti ujung peluru. Bagian kepada tersebut biasanya mempunyai warna yang terang yaitu abu-abu, putih, dan pink.

Untuk mengenal lebih dekat mengenai mata bor tuner, ada baiknya jika terlebih dahulu kita memahami fungsi dari mata bor tuner tersebut. Uniknya bentuk kepala mata bor tentu membuat kita bertanya-tanya akan fungsi mata bor tuner tersebut. Apalagi jenis kepala mata bor tuner juga beraneka ragam. Bentuknya yang berbeda ternyata juga membuat fungsi mata bor tuner berbeda. Berikut adalah ulasan mengenai jenis dan fungsi mata bor tuner dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Mata Bor Tuner Batu

Mata bor tuner batu memiliki bentuk yang yang berbeda-beda, ukuran diameter mata bor batu cukup beragam yaitu 3 mm sampai 6 mm. Bagian batu dikepala mata bor tuner terbuat dari bahan aluminium oksida dan cocok untuk digunakan pada semua jenis mesin bor tanpa kabel. Mata bor tuner batu juga banyak digunakan untuk menggerinda berbagai bahan yang keras seperti batu, metal, kayu dan lainnya dengan praktis dan mudah.

  1. Mata Bor Tuner Grinder

Mata bor tuner grinder mempunyai bentu berduri pada bagian kepalanya, berfungsi untuk melakukan pemotongan pada benda kerja berbahan Karbit. Mata bor tuner grinder memiliki nilai efisiensi yang tinggi, sehingga akan mengurangi kerugian penggunaan daya. Penggunaan mata bor grinder dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama karena memiliki umur yang lebih Panjang dibandingkan mata bor tuner lainnya. Mata bor tuner memiliki diameter shank sebesar 3 mm dan diameter pada bagian tepi pemotong berukuran 6 mm. Keuntungan menggunakan mata bor tuner grinder adalah memiliki daya tahan yang lama, aman, dan juga mudah untuk digunakan.

  1. Mata Bor Tuner Cuner EX

Mata Bor Tuner Cuner EX memiliki diameter sebesar 3 mm dengan panjang 10 mm. Mata bor Tuner Cuner EX berfungsi untuk melakukan cutting dengan ukuran yang kecil, bentuknya yang kecil dan panjang serta bagian kepala yang kecil membantu untuk melubangai bahan kerja untuk ukuran yang kecil.

  1. Mata Bor Tuner Gravier

Mata Bor Tuner Gravier adalah jenis mata bor yang cocok digunakan untuk berbagai macam jenis mesin grafir ataupun dapat digunakan pada mini grinder. Mata bor Tuner Gravier divuat dengan menggunakan serbuk diamond yang berkualitas tinggi. Hal ini membuat mata bor tuner gravier memiliki daya tahan yang lama dalam penggunaanya. Mata bor tuner gravier berfungsi untuk mengukir gelas/kaca, batu giok, besi dan bahan keras lainnya. Mta bor tuner gravier memiliki diameter batang sepanjang 3 mm dan bentuk kepala yang bulat. Mata bor jenis ini juga memiliki mempunyai tingkat keawetan, daya tahan, kekerasan, dan ketahanan terhadap hentakan yang cukup tinggi.

Terdapat banyak kegunaan dari mata bor tuner yang dapat kamu manfaatkan. Pertama dapat digunakan untuk menghasilkan lubang kecil pada bahan kerja dengan material yang keras seperti kaca, batu giok, dan lainnya. Selain itu mata bor tuner juga banyak digunakan untuk membuat ukiran ukira pada permukaan bahan kerja.

Setelah mengetahui fungsi mata bor tuner, sekarang kita jadi lebih mantap dalam menentukan jenis mata bor tuner seperti apa yang kita butuhkan untuk bahan kerja kita. Mata bor tuner saat ini sangat mudah didapatkan memalui toko-toko bangunan atau pertukangan, bahkan kamu dapat dengan mudah membeli mata bor tuner melalui situs penjualan online. Sebelum membeli mata bor tuner pastikan terlebih dahulu jenis cutting seperti apa yang dibutuhkan oleh bahan kerja kamu. Jangan sampai merugi hanya karena salah membeli jenis mata bor tuner.

Kami akan memberikan informasi mengenai estimasi harga jual dari mata bor tuner di pasaran. Harga dibawah ini adalah perkiraan, mungkin anda dapat menemukan harga yang sedikit lebih murah atau lebih mahal dari yang kami infromasikan. Namun anda dapat menjadikan Informasi ini sebagai tolak ukur untuk anda membeli mata bor tuner nantinya. Berikut adalah estimasi harga mata bor tuner :

  1. Mata Bor Tuner Grinder

Mata bor tuner grinder banyak dijual dalam bentuk set, artinya dijual dalam jumlah yang banyak dalam bentuk paket. Biasanya satu set mata bor tuner grinder berisi berbagai macam ukuran dan jenis mata bor grinder. Harga yang ditawarkan pun beranerka ragam tergantung brand yang menjualnya, umumnya brand yang banyak digunakan saat ini adalah produksi dari Nankai. Untuk estimasi harga satu set mata bor tuner grinder berkisar dintara Rp 100.000 hingga Rp 120.000.

  1. Mata bor tuner gravier

Mata bor tuner gravier yang berguna untuk mengukir batu dan melakukan polishing umumnya dijual dalm satu set. Satu mata bor gravier berisi enam pieces mata bor tuner gravier dengan bahan material yang digunakan adalah HSS. Ukuran diameter shank pada mata bor jenis ini adalah 3.175 mm dengan total panjangnya adalah 39 mm. Satu set mata bor tuner gravier umumnya berkisar diantara Rp 35.000 hingga Rp 45.000

  1. Mata Bor Cuner EX

Mata bor tuner cuner EX terdiri sari satu buah mata bor yang dengan bagian kepala yang kecil. Harga mata bor tuner cuner EX berkisar pada Rp 75.000 persatuannya.

  1. Mata Bor Tuner Batu

Mata bor tuner batu adalah jenis yang banak digunakan untuk melakukan cutting dengan menggunakan mesin gerinda. Mata bor tuner batu dapat dijual terpisah ataupun satu set. Satu set mata bor tuner batu terdiri atas sepuluh pieces mata bor batu dengan berbagai bentuk dan ukuran. Mata bor tuner batu mempunyai ukuran diameter dari 4 mm hingga 10 mm dengan diameter shank sebesar 3 mm. Harganya berkisar pada Rp 35.000.

 

Informasi mengenai fungsi alat potong atau cutting tools sangat penting untuk diketahui, apalgi untuk pekerja yang bekerja dibagian teknisi dan pertukangan. Banyaknya kesalahan karena tidak mengetahui fungsi dan jenis cutting tools dapat membuat pekerjaan kamu menjadi sulit. Semoga informasi seputar mata bor tuner ini berguna.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *