Ayo Optimalkan Perkembangan Otak Si Kecil

tumbuh kembang si Kecil adalah masa terpenting untuk perkembangan otaknya. Tidak hanya memberi nutrisi, Ibu juga perlu memberi stimulasi untuk otaknya. Yuk lihat tips seputar stimulasi otak si Kecil, agar tumbuh kembangnya optimal! Otak adalah organ tubuh yang paling berperan dalam menentukan tingkat kecerdasan. Agar dapat berfungsi dengan baik, otak memerlukan stimulasi yang tepat terutama di masa pertumbuhan dan perkembangannnya yang paling pesat.

Kapan masa pesat ini terjadi? Yaitu sejak masa janin hingga anak berusia 3 tahun atau sering disebut the golden period. Masa emas ini hanya terjadi sekali dalam hidup dan tak akan terulang lagi. Oleh sebab itu, sudah selayaknya kita mengisi periode awal kehidupan si Kecil dengan stimulasi yang tepat agar ia semakin mandiri. Anak yang mandiri akan lebih siap memasuki tahapan prasekolah lalu sekolah. Nah, seperti apa contoh stimulasi otak yang dimaksud?

STIMULASI OTAK 1-3 TAHUN

  • Stimulasi otak kiri. Stimulasi otak kiri sangat penting untuk mengembangkan logika dan daya analisis si Kecil. Stimulasi si Kecil dengan bermain lempar bola atau hal yang simpel seperti ajarkan urutan makan (cuci tangan, membaca doa, makan, dan minum), agar si Kecil bisa berpikir berurutan. • Stimulasi otak kanan. Kembangkan kreativitas si Kecil dengan menstimulasi otak kanannya. Salah satu caranya, pancing partisipasi si Kecil saat Ibu menceritakan cerita untuknya, ajak ia untuk mengembangkan karakter ataupun ceritanya, untuk melatih imajinasi dan kreativitas si Kecil.
  • Dukung pendapat si Kecil. Penting bagi si Kecil untuk didengar, karena hal tersebut menstimuli kemandirian berpikir si Kecil dan juga mendorong rasa percaya diri untuk lebih kreatif. • Latih daya konsentrasi Si Kecil. Konsentrasi sangat diperlukan agar si Kecil dapat fokus pada kegiatannya. Latihan bisa dilakukan dengan memberi kesempatan si kecil belajar makan sendiri sedini mungkin.

Masa kecil anak usia emas dimana anak sangat mudah dalam belajar hal baru terutama dalam hal belajar bahasa. Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing tentunya harus diberikan les tambahan. Tempat kursus terbaik belajar bahasa Jerman di Tangerang adalah pilihan yang tepat untuk anak yang suka dengan bahasa Jerman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *