3 Langkah Cerdas SUN

Kecil tumbuh sehat, cerdas, dan memiliki akhlak mulia tentu dambaan setiap Ibu. Iya kan Bu? Nah, mengenai caranya SUN telah merancang 3 langkah yang disebut sebagai 3 Langkah Cerdas Sun. Seperti apa ya?

S – Seimbangkan gizinya

Gizi seimbang Si Kecil tidak bisa dipisahkan dengan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya dan dilanjutkan sampai dengan 2 tahun dengan didampingi MPASI. Yang paling banyak menjadi pertanyaan bagaimana kita dapat menyajikan MPASI yang bergizi seimbang itu? Mudah kok Bu, pada prinsipnya semakin bervariasi bahan makanan yang diberikan pada Si Kecil, semakin terpenuhi kecukupan gizinya.

Berikut sedikit gambaran bahan-bahan apa saja yang bisa kita gunakan untuk MPASI Si Kecil:

  1. Sumber serealia untuk bayi mulai usia 6 bulan adalah beras putih, beras merah, dan tepung jagung.
  2. Sumber protein hewani, yang disarankan diperkenalkan adalah daging ayam, daging sapi, dan ikan.
  3. Sumber protein nabati adalah kacang-kacangan karena tinggi protein dan serat.
  4. Sumber vitamin dan mineral seperti sayur dan buah. Selain keragaman bahan, Si Kecil juga perlu dikenalkan dengan keragaman rasa. Untuk mengenalkan berbagai rasa pada Si Kecil, Ibu bisa mencoba bubur susu atau tim instan SUN. Bubur Susu SUN (untuk bayi 6—24 bulan) tersedia dalam pilihan rasa yang disukai Si Kecil; dari Kacang Hijau, Jeruk, Apel, Pisang, Brokoli & Wortel, hingga Ayam Kampung & Bayam.

Menginjak 8 bulan, Si Kecil boleh menikmati tim instan dari SUN. Berbagai pilihan rasa lezatnya adalah Beras Merah, Ati Ayam, Ayam & Sayur, Tomat, Wortel & Ayam, Stroberi & Apel. Pengenalan aneka rasa pada bayi amat penting agar si kecil kelak tidak menjadi anak yang sulit makan, seperti suka pilih-pilih makanan atau maunya makan yang itu-itu saja.

U – Ukur tumbuh kembangnya

Apakah Ibu selalu memantau pertumbuhan dan perkembangan si kecil dengan mengajaknya kontrol ke posyandu? Teruskan kebiasaan baik ini ya Bu. Jangan lupa juga untuk selalu mengukur tumbuh kembang si kecil dengan Kartu Menuju Sehat (KMS). Secara umum ada 4 hal untuk menilai pertumbuhan ­ sik bayi: • Penambahan Berat Badan (BB). • Pengukuran Panjang Badan (PB) atau Tinggi Badan (TB). • Pengukuran Lingkar Kepala (LK). • Pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT). Sementara ada 4 patokan sederhana perkembangan psikomotorik Si Kecil: • Kemampuan duduk pada usia 5—9,5 bulan.

  • Kemampuan berjalan sekitar 10 langkah tanpa bantuan pada usia 9—18.25 bulan. • Kemampuan mengucapkan sepatah kata pada usia 10—12 bulan. • Kemampuan berbahasa beberapa kata pada usia 18.5—3 tahun. Silakan amati tumbuh kembangnya! Bila ada hal-hal yang menyimpang dari gra­ k pertumbuhan (turun atau naik), Ibu dapat segera mengonsultasikan kondisi ini pada ahli.

N – Nyatakan kasih sayang Ibu

Nah, langkah ketiga dari SUN adalah Nyatakan Kasih Sayang. Setuju kan Bu bahwa salah satu syarat agar Si Kecil tumbuh sehat, cerdas, dan memiliki akhlak baik adalah dengan selalu mencurahkan kasih sayang padanya secara tepat? Untuk ini, mungkin Ibu sudah melakukannya setiap hari, seperti memberikan peluk, cium, dan membisikkan kata-kata sayang pada buah hati, mengajarkan kata-kata baru, benda, dan lainnya.

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing terutama bahasa Jerman dapat mengikuti pelatihan di tempat kursus bahasa Jerman Jakarta terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *