Tips Memulai Kebiasaan Baik Si Kecil Sejak Dini

Kebiasaan adalah hal yang kita lakukan secara rutin, baik disadari ataupun tidak. Umumnya, kebiasaan-kebiasaan kita adalah sesuatu yang lumayan sulit diubah. Ini karena kita telah melakukannya secara rutin dalam jangka waktu yang lama. Tak jarang, kita bahkan telah melakukannya sejak kecil.

Kebiasaan baik yang sederhana untuk dimulai sejak dini.

Nah, agar kelak saat dewasa si kecil memiliki kebiasaankebiasaan yang baik, tentunya orangtua harus membiasakannya dari sekarang.

Kebiasaan-kebiasaan yang baik tersebut dapat dimulai dari hal-hal sederhana:

  1. Menjaga Kesehatan, seperti makan makanan sehat, mandi sehari 2x, menyikat gigi, cuci tangan, berolahraga.
  2. Menjaga Kebersihan lingkungan, seperti membereskan mainan setelah bermain, membuang sampah di tempatnya, membereskan tempat tidur, membersihkan tumpahan makanan atau minuman.
  3. Perilaku sosial yang positif seperti mengantre, menunggu dengan sabar, berbagi dengan teman, ataupun mengucapkan terimakasih, permisi, dan maaf.

Kunci dalam proses membentuk kebiasaan baik si kecil.

Awalnya anak melakukan satu atau dua kegiatan yang baik, misalnya mencuci tangan. Hal tersebut, ketika dilakukan terus-menerus secara rutin, akan membentuk kebiasaan baik. Supaya kebiasaan baik terbentuk, ada 3 kunci yang perlu diketahui oleh orangtua:

Kunci 1 – Contoh orangtua.

Si kecil adalah peniru yang ulung. Pernahkah Anda melihat Si Kecil melakukan sesuatu yang mengingatkan pada diri Anda? Sangat lucu kan? Hal ini juga merupakan pertanda bahwa kebiasaan-kebiasaan Si Kecil harus dimulai dari orangtua sebagai role model atau panutan. Sehingga, sebelum anda mengajarkan kebiasaan baik pada Si Kecil, pastikan Anda sendiri telah melakukan kebiasaan baik tersebut.

Kunci 2 – Apresiasi sebagai penguatan

Supaya perbuatan baik bertahan lebih lama, perlu “diperkuat”. Seorang ahli konsep operant conditioning bernama Skinner membuktikan bahwa perilaku yang dianggap menyenangkan akan cenderung dilakukan lagi. Bagaimana cara agar anak senang melakukan kebiasaan baik? Dengan memberikan apresiasi untuk perbuatan baiknya.

Untuk anak yang akan menghadapi tes TOEFL sebaiknya berikan ia persiapan yang matang agar mendapatkan skor yang maksimal. Untuk itu berikan ia persiapan melalui kursus TOEFL Jakarta terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *