Tips Memulai Kebiasaan Baik Si Kecil Sejak Dini Bagian 2

Apresiasi berfungsi sebagai reinforcement atau “penguat” yang dapat berbentuk pujian, belaian sayang, tepuk tangan, ataupun hadiah kecil. Contohnya, kalau kita ingin anak membuang sampah di tempatnya, maka ketika anak membuang sampah ke tempat sampah, orangtua bisa memberikan pujian. Contoh lain, ketika anak mencium tangan orang yang lebih tua untuk memberikan rasa hormat, maka setelahnya kita bisa mengusap rambutnya dan menunjukkan tatapan bangga.

Jika Anda ingin memberikan apresiasi berupa hadiah, perhatikan caranya. Tunjukkan wajah senang, lakukan kontak mata dengan tulus, dan katakan dengan jelas tujuan dari hadiah kecil tersebut. Semisal, “Adik kan tadi sudah membereskan mainannya, jadi Adik boleh nambah pudingnya…”

Jenis hadiah dan frekuensi juga harus diperhatikan, karena jangan sampai Si Kecil melakukan hal yang baik semata-mata karena hadiah. Karenanya, penjelasan dari orangtua tentang manfaat dari kegiatan baik yang diajarkan sangatlah penting, dan hadiah hanya merupakan pemanis dari manfaat yang diterima oleh Si Kecil. Semisal menyikat gigi dan kesehatan gigi Si Kecil setelah dewasa.

Kunci 3 – Konsistensi

Kalau kebiasaan baik sudah muncul, maka waktunya untuk mempertahankannya. Ini sebenarnya cukup mudah dan hanya memerlukan ketelatenan. Karena kuncinya adalah konsistensi. Konsistensi berarti selalu mengusahakan agar anak melakukan hal yang sama di waktu yang relatif sama, dalam kata lain, rutin. Contohnya, sebelum tidur, biasakan selalu menyikat gigi. Setelah mandi pagi, biasakan langsung memakai baju dan menaruh handuk di tempatnya. Setiap kali makan, selalu duduk manis, bukan berjalan-jalan.

Berhasil!

Kalau Anda sudah berikan contoh, memperkuat perbuatan baiknya dengan membuat anak senang melakukan perbuatan tersebut, dan melakukannya secara konsisten, maka perlahanlahan tapi pasti terbentuk kok kebiasaan baik. Pada saat itu, Anda boleh berkata dengan bangga, “Suksesnya, suksesku juga.” Nah, mudah kan. Yuk, segera mulai membentuk kebiasaan baiknya sejak dini!

Buat anak yang akan menghadapi tes IELTS berikan ia persiapan yang matang agar dapat melalui tes dengan lancar. Tempat kursus persiapan IELTS terbaik di Jakarta adalah pilihan yang tepat karena semua pengajar merupakan profesional di bidangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *