Masalah Tidur Anak yang Bikin Mama Stres

  • Evita Mei Rina ibunda Vindy Khansaa Azzahwa (4,5 bulan) “Tidur malam baru sebentar sudah terbangun, tidur lagi, bangun lagi sampai larut malam baru mau tidur.”
  • Erlina Lufita Aditia, ibunda Kenzie Juno Aditya Jusup (7 bulan) “Disuruh tidur siang susah banget, maunya bercanda terus.”
  • Linda, ibunda Ali Fairouz (2 tahun 10 bulan) “Susah diajak tidur, padahal matanya udah spaneng. Imbasnya kan dia jadi rewel, mudah marah, dan sering mukul.”
  • Wahyu Nurmalasari, ibunda Syahrin Rasya R (26 bulan) “Si kecil minta bobok di ayunan dan minta susu tetapi tidak cukup satu kali, kadang sampai 3 kali dot, setelahnya tidak jadi bobok, malahan menangis dan minta turun lagi.”
  • Sri Agus Mayanti, ibunda Najwa Ashillah Rahmah (2) “Saat sakit, kalau disuruh tidur susah banget.”
  • Mega, ibunda Kiev (3) “Menangis setiap bangun tidur, baik itu tidur siang maupun malam, padahal enggak ada apa-apa.”

Saran Pakar: “Agar anak mampu tidur secara teratur, sebaiknya orangtua telah membentuk jam biologisnya semenjak bayi. Dengan membentuk rutinitas tidur, niscaya anak akan tidur secara teratur. Untuk membantu, ciptakan ritual sebelum tidur sehingga anak mengetahui bahwa waktu tidurnya sudah tiba.

Misal, dengan mencuci kaki, lalu menyusun bantal untuk persiapan tidur. Bila malam, dengan meredupkan lampu. Ritual tidur sangat membantu anak mempersiapkan diri untuk memasuki waktu tidurnya. Perhatikan pula kebutuhan tidur anak. Bila kebutuhan tidurnya terpenuhi, anak tidak akan rewel. Untuk itu, Mama perlu membantu anak mengatur jadwalnya.

Misal, ketika anak akan berkegiatan seusai bangun tidur, pertimbangkan lamanya waktu tidur yang dibutuhkan anak. Bila perlu, geser waktu tidurnya menjadi lebih awal agar kebutuhan tidurnya terpenuhi.”

Tidur yang cukup sangat penting untuk anak agar kesehatannya tetap terjaga, sehingga tidak mengganggu perkembangan anak. Apabila anak terlalu lelah karena banyak bermain hal ini bisa menyebabkan anak menjadi sakit. Selain itu juga tidur sangat membantu untuk menguatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Sedangkan untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing bisa mengikuti pelatihan di tempat les bahasa Jerman di Tangerang. Karena disana semua pangajar adalah yang profesional di bidangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *