Jenis-Jenis Peralatan Untuk Sound System

Jenis-Jenis Peralatan Untuk Sound System

 

Sewa Sound System Jakarta – Umumnya yang kita tahu mengenai sound system adalah alat penghasil suara ekstra besar yang mana biasa digunakan di beberapa acara seperti acara hajatan, acara music maupun acara pengajian dan siraman rohani. Kita tidak tahu apa saja peralatan yang digunakan pada sound system sehingga bisa menghasilkan suara sejernih dan sebaik itu. Berikut ini pemahaman singkat mengenai beberapa peralatan sound system:

Mic/Microphone

Yang pertama adalah microphone, alat ini tidak bisa lepas dari sound system. Microphone memiliki fungsi utama untuk mengubah getaran suara menjadi getaran listrik yang kemudian diteruskan lagi ke bagian penerima yakni pre-am mic. Proses pengiriman suara dari microphone ada yang memakai kabel atau tanpa kabel. Ada banyak merk microphone bagus yang populer di Indonesia.

Efek Vocal

Bila Anda bermaksud untuk mengadakan acara music dan ingin suara vocal atau penyanyinya terdengar lebih sensitive lagi maka Anda bisa memanfaatkan efek vocal sebagai rekomendasi terbaik. Efek vocal ini amat sangat dibutuhkan untuk menambah kekuatan microphone maupun merubah karakter suara yang bisa disesuaikan kapan saja dengan kebutuhan.

Equalizer

Merupakan salah satu perangkat sound system yang bisa mengubah frekuensi suara sesuai keinginan kita, penempatan dari grafik equalizer sangat amat menentukan arah suara, bisa berupa hig, low atau mid.

Mixer

Fungsi utama dari alat ini adalah menerima dan mencampur beberapa output dari peralatan lainnya seperti gitar, organ, microphone dll supaya bisa dikeluarkan dengan baik oleh speaker. Sebuah mixer bisa mengatur suara tiap alat yang masuk namun tidak akan menggangu  fungsi dari peralatan lainnya.

Power Amply

Merupakan penghasil bunyi yang disalurkan pada speaker. Diperlukan watt dan power yang memadai supaya antara suara dengan frequensi yang dikeluarkan bisa seimbang.

Speaker

Peralatan yang ini berfungsi mengubah getaran listrik jadi getaran suara supaya bisa didengar oleh telinga. Speaker ini memiliki fungsi kebalikan dari microphone.

Ada banyak sekali bukan peralatan dalam sound system, kita jadi lebih banyak tahu sehingga bisa merawat sound system dengan sangat baik ketika memilikinya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *