Berikut Cara Membuat Sate Sapi yang Empuk Dan Mudah

Cara Membuat Sate Sapi

Pada artikel ini saya ingin menjelaskan cara membuat sate daging sapi yang lembut dan mudah. Namun, sebelum itu pasti tidak asing lagi bagi Anda apa itu sate?

Sate adalah daging yang dipotong-potong dan ditusuk menggunakan tusuk sate, kemudian dipanggang menggunakan bara arang. Sate ini disajikan dengan bumbu sate yang terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk halus dan dicampur dengan kecap dan rempah-rempah lainnya.

Awal Mula Sate

Awalnya penduduk asli memasak daging dengan cara direbus, tetapi setelah pedagang Timur Tengah datang ke Indonesia untuk memperkenalkan kebab, makanan yang dimasak dengan membakar dengan berbagai jenis daging seperti ayam, kambing dan sapi.

Ini akan menjadi awal dari masyarakat Indonesia yang menyukai kehadiran hidangan olahan daging yang ditusuk, tetapi kata sate atau catai berasal dari bahasa tamsil, yang berarti daging.

Meski awalnya sate terinspirasi oleh daging kebab, tetapi sate ini dikembangkan oleh orang Indonesia asli sehingga makanannya 100 persen milik orang Nusantara.

Salah satu spesialisasi kepulauan yang mendunia adalah sate yang berada di peringkat ke-14 yang dipegang oleh 50 makanan paling lezat di Dunia sebagai makanan paling enak. Di Indonesia, sate-sate ini memiliki karakteristik sendiri, seperti sate di Madura yang terbuat dari ayam atau kambing yang sajikam dengan kecap.

Cara Membuat Sate Sapi

Bahan:

  •     500 gram daging sapi atau sirloin
  •     2 sendok makan margarin, meleleh
  •     Irisan bawang bombay dan cabai rawit
  •     Saus cabai, kecap asin

Bumbu halus:

  •     6 bawang merah (gunakan mesin pengupas bawang)
  •     5 siung bawang putih (gunakan mesin pengiris bawang)
  •     3 kemiri
  •     1/2 sendok makan biji ketumbar, dipanggang
  •     1/2 sdm gula jawa
  •     6-8 sendok makan kecap asin
  •     1 sendok teh garam

Cara Membuat Sate Sapi:

  1.     Potong daging potong dadu besar di seberang serat.
  2.     Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, garam dan gula jawa. setelah itu, tambahkan kecap asin.
  3.     Rendam daging dengan bumbu lainnya.
  4.     Tusuk dengan tusuk sate. Isi per batang 5 potong daging.
  5.     Siapkan arang, lalu sate panggang dan sesekali diolesi margarin cair. Panggang sate sampai matang.
  6.     Sajikan dengan sayuran segar dan saus cabai.

Manfaat Sate Sapi :

  1.     Meningkatkan sistem kekebalan: Nutrisi dan nutrisi dalam daging sapi sangat baik untuk semua orang, terutama mereka yang aktif. Sebab, bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  2.     Pertahankan berat badan ideal: Daging sapi ini bisa mengandung banyak protein. Oleh karena itu, makan daging sapi sangat dianjurkan untuk orang yang sedang diet, karena kalori dapat dibakar oleh protein yang dapat meningkatkan metabolisme dan menahan rasa lapar.
  3.     Mempercepat penyembuhan luka: Protein dalam daging sapi juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Salah satu penyebab cedera ini adalah infeksi yang paling umum, yaitu penyumbatan pengiriman oksigen ke jaringan yang rusak.

Peluang Bisnis Dari Sate Sapi

Usaha sate daging sapi umumnya dijual dengan sup daging atau kari yang dibuat dengan menambahkan campuran tulang dengan kerikil sapi. Daging sapi yang sering dikonsumsi untuk keperluan membakar sate sering mengambil sisi potongan paha karena bagian ini lebih lembut sehingga lebih enak.

Pemrosesan daging sate harus hati-hati agar daging sate tidak kenyal dan tidak meninggalkan bau khas yang kuat. Sebelum sate daging sapi panggang, daging sapi harus dilapisi menggunakan daun pepaya sehingga tidak sulit.

Peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis sate meliputi gerobak, tenda, meja kayu, kursi, panggangan sate, pisau, dan kipas. Fasilitas dan infrastruktur sarapan seperti piring, mangkuk, gelas minum, sendok makan dan garpu makan malam.

Pemilik bisnis dapat memecahkan masalah sendiri atau mempekerjakan sejumlah karyawan. Karyawan dapat melakukan tugas memenuhi pesanan pembeli atau membakar sate. Pekerja lebih baik dibimbing terlebih dahulu bagaimana cara bekerja untuk membakar sate yang benar untuk mengetahui tingkat kematangan daging dengan benar.

Kelemahan dari bisnis sate daging sapi termasuk penyebaran penjual makanan serupa. Kualitas dan harga yang ditawarkan oleh pedagang berbeda-beda sehingga penjual sate pemula harus mampu membaca kesenjangan agar mudah bersaing.

Demikian tadi cara membuat sate sapi dan beberapa manfaatbya, semoga bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *